Jumat, 10 Juli 2009

PEMBAHARUAN PEMIKIRAN DR. SAHARDJO MENGENAI PEMASYARAKATAN NARAPIDANA

Judul buku : PEMBAHARUAN PEMIKIRAN DR. SAHARDJO MENGENAI PEMASYARAKATAN NARAPIDANA
Penulis : DR PETRUS IRWAN PANDJAITAN SH MH, WWIWK SRI WIDIARTY SH MH

Terbit : Februari 2008 Cetakan : ke 1
Penerbit : INDHILL CO Jakarta
No ISBN : 978-979-8179-58-7
Halaman : 127
Ukuran : 14,5 x 21 cm

Harga : Rp 31.000,-

"Tiap orang adalah manusia dan harus diperlakukan sebagai manusia, meskipun ia telah tersesat, tidak boleh ditunjukkan pada narapidana bahwa ia itu penjahat. Sebaliknya ia harus selalu merasa bahwa dia dipandang dan diperlakukan sebagai manusia " (Dr. Sahardjo, SH).

Sebagai pembaharuan falsafah perlakuan orang-orang hukuman, DR Sahardjo dengan tegas mengatakan bahwa terpidana adalah orang tersesat serta perlu dilindungi, dibina dan dijadikan orang berguna bahkan menjadi aktif dan produktif di masyarakat. Falsafah pemasyarakatan Sahardjo menghendaki agar Negara benar-benar melindungi orang hukuman walaupun menjalani pidana.

Oleh karena itu, buku ini hendak menawarkan suatu konsep pembaharuan pemasyarakatan berupa : (1) pembaharuan falsafah pemidanaan; (2) meluruskan arah tujuan dari pidana penjara ; (3) peningkatan pemahaman pengambil keputusan baik pemerintah, dalam hal ini petugas pemasyarakatan dan pembentuk undang-undang (legislator); serta (4) membangun infrastruktur yang dapat mendukung konsep pemasyarakatan, dan begitu pula; (5) merevitalisasi sumbangan dan peranan Akademi Ilmu Pemasyarakatan dalam pemasyarakatan narapidana.

-------------------------
Buku ini dapat dibeli di Toko Buku Gramedia, Gunung Agung, Bursa/Kopma Kampus atau hubungi kami :

INDHILLCO
Jl KH Abdullah Syafei No 51D Tebet Jakarta 12840
Telp 021 44483366 Fax 021 8290017
e-mail : indhillcobp@gmail.com
Web : http://indhillco.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar